Pemetaan Awal Kelembagaan Pasar Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermasdesdukcapil) Jawa Tengah melakukan fasilitasi pembentukan kelembagaan Pasar Desa se Kabupaten Semarang pada 8 Juni 2022. Bertempat di Aula Dispermasdes Kabupaten Semarang, acara ini bertujuan untuk melakukan pemetaan awal pengelolaan Pasar Desa.

Materi disampaikan dari Dispermadesdukcapil Jateng, Dispermasdes Kabupaten Semarang, dan Tenaga Ahli PED, meliputi: tujuan pembentukan kelembagaan Pasar Desa, kebijakan pengembangan, tata kelola Pasar Desa, penyusunan RKTL dan diskusi tanya jawab.

Selaku narasumber dari Provinsi Jateng, Zaenal Azis Masykur S.STP, M.Si, menggaris bawahi Pasar Desa merupakan pasar yang berdiri di atas tanah milik Desa.

“Pasar yang ada di Desa bisa dikelola oleh Pemerintah Kabupaten, tapi kalau ada di atas tanah desa mesti diurus Desa”

Sesuai dengan Permendagri Nomor 44 tahun 2016 tentang Kewenangan Desa, Pemerintah Desa memiliki kewenangan untuk mengelola Pasar Desa.

Kondisi yang terjadi di Kabupaten Semarang, Pasar Desa yang dikelola desa ada yang mangkrak dan adapula yang tidak mengetahui pengelolaan Pasar Desa sehingga tidak ditarik retribusi. Pasar Desa yang tersebar di Kabupaten Semarang juga ada yang menjadi bagian dari unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kelanjutan program pelembagaan Pasar Desa ini perlu dilakukan inventarisasi Pasar Desa se Kabupaten Semarang.

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *