Mengenal Tata Kelola Perizinan dan OSS Bagi BUMDes

Perizinan Berusaha Berbasis Risiko adalah perizinan berusaha berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha, yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Untuk menambah wawasan terkait perizinan kepada masyarakat desa itulah diadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perizinan Berusaha Berbasis Resiko untuk pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatan merupakan fasilitasi bersama antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang.

Bimtek terbagi dalam 3 sesi materi, diantaranya : 1) Tata cara Penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (yang dulu disebut IMB); 2) Pengelolaan lingkungan hidup BUMDes; dan 3) Pendaftaran perizinan melalui Online Single Submission (OSS).

OSS digunakan dalam pengurusan izin berusaha oleh pelaku usaha dengan karakteristik berbadan usaha maupun perorangan; usaha mikro, kecil, menengah maupun besar. Dengan mengikuti prosedur OSS dapat memberi manfaat seperti mempermudah mendapat legalitas perizinan dan membantu terhubung ke stakeholder usaha lain.

BUMDes merupakan salah satu badan usaha pengguna OSS. Untuk BUMDes yang sudah terverifikasi Badan Hukum dari Kemenkumham, data unit usaha sudah dapat terintegrasi dengan OSS.

Kegiatan yang berlangsung pada 24 Mei 2022 bertempat di Resto Banyumili, Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang ini berlangung antusias dan dihadiri perwakilan 61 pengurus BUMDes regular dan 4 BUMDes Bersama lkd.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *