Fasilitasi Pendirian Bagi 15 Desa yang Belum Memiliki BUMDes

Sebagai upaya memnuhi capaian pendirian BUMDes di Kabupaten Semarang. Dalam kesempatan ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang mendapatkan kesempatan dalam kegiatan fasilitasi pembentukan BUMDes oleh  Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermasdesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah pada 16/03/2022. Kegiatan diikut oleh 15 perangkat dan perwakilan Desa di Kabupaten Semarang yang belum mendirikan BUMDes. Sampai dengan Triwulan 1 tahun 2022 sudah ada 193 dari 208 Desa yang memilki BUMDes.

BUMDes sendiri merupakan amanah Perundangan seperti yang tertuang pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. Dengan adanya kegiatan fasilitasi yang dihadiri perangkat Desa (Pemdes) ini diharapkan dapat menaikan pemahaman pendirian dan sebagai upaya sinergitas dengan Pemerintah Desa (Pemdes) terkait BUMDes.

“Yang kami harapkan dari mengundang kepala desa (dalam acara ini) untuk sinergitas” kata Retna Prasetijawati selaku Kepala Bidang yang mengurusi BUMDes dan sebagai salah satu narasumber.

Seperti yang diketahui bersama, pendirian BUMDes sangat erat kaitannya dengan keterlibatan Pemdes utamanya terkait legalitas pemanfaatan sumber daya desa dan permodalan. Dengan adanya dukungan permodalan itu pula, BUMDes kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraaan masyarakat desa dengan ikut menyumbang pada Pendapatan Asli Desa (PAD).

Fasilitasi kali ini berisi pembelajaran tentang dasar hukum BUMDes, tata cara pendirian, aturan tentang Badan Hukum hingga cara-cara pemanfaatan potensi Desa.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *