Akselerasi Pemahaman Digital dengan Platform Sentra BUMDes Digital

Penanggulangan kemiskinan, pengembangan potensi lokal, pemanfaatan SDM di desa-desa dapat dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Untuk mencapai pengelolaan BUMDes yang berkualitas dan efisien dilakukan pembenahan pengelolaan BUMDes melalui digitalisasi. Upaya akselerasi pembenahan BUMDes tersebut pada Selasa 8/3/2022, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM) Semarang memfasilitasi pelatihan digitalisasi BUMDes dengan mengenalkan aplikasi website desa. Tajuk kegiatan yakni “Pengenalan dan Sosialisasi Penerapan Platform Sentra BUMDes Digital” yang diperuntukan untuk pemerintah desa dan direksi BUMDes se Kabupaten Semarang.

Acara berisi seputar pengenalan sekaligus penerapan langsung platform Sentra BUMDes Digital yang dibuat oleh pihak STEKOM. Platform berupa website yang terkait profil BUMDes, website Pasar Desa online, Bank Sampah digital serta Usaha Simpan Pinjam digital. Selain itu ada pula pembelajaran mengenai strategi promosi dan pemasaran digital yang dapat dilakukan BUMDes di seluruh Kabupaten Semarang.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada akselerasi pemahaman dunia digital bagi pengelola BUMDes. Bertujuan menyiapkan BUMDes menghadapi era revolusi industri 4.0 dan membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan, pendataan dan pembinaan BUMDes.

Peserta berasal dari perangkat desa dan direksi BUMDes dari sebelas Desa yang terpilih. Kegiatan berlangsung ramai dan antusias, diharapkan pemahaman direksi BUMDes akan teknologi digital dapat berkembang dan keberlangsungan platform dapat terus berjalan.

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *