Temu Mitra Paguyuban BUMDes dan Upaya Peningkatan Ekonomi Desa

Bupati Kabupaten Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H, M.H pada hari Rabu 9/02/2022 menghadiri rapat koordinasi (rakor) dan temu mitra Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diselengarakan kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) dan Paguyuban BUMDes se Kabupaten Semarang. Bertempat di Aula Rumah Makan Cikal Gading, Tuntang.

Sebagai pembuka acara rakor, Bupati menyampaikan harapannya kepada BUMDes untuk membantu percepatan peningkatan ekonomi di Kabupaten Semarang. Seperti yang diketahui sendiri BUMDes merupakan unit usaha dari desa yang dekat dengan masyarakat desa dan secara langsung menjadi salah satu tulang punggung peningkatan ekonomi desa.

“Dengan keberadaan BUMDes ini kami berharap BUMDes dapat mempercepat peningkatan ekonomi di desa-desa” ungkapnya sebagai pengantar rakor.

Dalam rakor dan temu mitra kali ini Pemkab Semarang juga akan mendukung setiap pengembangan BUMDes yang ada. Tidak lupa dalam kesempatan kali ini Bupati Ngesti Nugraha mengajak BUMDes yang ada untuk bekerja sama dengan investor yang ada, terkait dengan penyuplai bahan baku, penambahan modal dan juga pemasaran. Untuk merealisasikan hal tersebut kedepannya Pemkab Semarang akan mengadakan expo UMKM untuk diikuti semua BUMDes.

“Kabupaten Semarang siap mengadakan expo UMKM dan kami lebih condong ke BUMDes yang ikut (sebagai salah satu peserta), karena berhubungan langsung dengan produksi di desa. Kami siap memfasilitasi cap halal dan sebagai penyalur produk ke tempat-tempat wisata”

Acara berlanjut dengan temu mitra, diantaranya ada sosialisasi terkait PKH dan BNPT dari Dinas Sosial, sosialisasi program dari BNI dan Bank Jateng serta diakhiri dengan pengenalan aplikasi JAKODES (Jaringan Toko Desa). JAKODES sendiri dibentuk oleh paguyuban BUMDes se Kabupaten Semarang dan bentuknya berupa marketplace produ-produk BUMDes.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *