Pendampingan Kunker DPRD Jawa Barat

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang mendampingi kunjungan kerja (kunker) Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat. Kunker ini sebagai upaya menggali informasi terkait Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengetahui kegiatan selama masa Covid19 dan pengembangan konsep desa wisata di Desa Bejalen Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, pada Selasa (25/01/2022). Kunjungan kali ini berlokasi di Kampoeng Rawa area Rawa Pening.

Dalam penjelasan Kepala Desa Bejalen menyatakan bahwa pembangunan awal Kampoeng Rawa yang dikelola BUMDes Estu Mukti Bejalen berawal dari investor dan menggunakan tanah bengkok desa. Karena ada masalah perizinan pada akhirnya desa melalui BUMDes mengambil alih pengelolaan Kampoeng Rawa ini. Sedangkan Desa Bejalen sendiri juga melakukan pembinaan area wisata lain seperti di Kampung Pelangi.

“Dulu awalnya ada investor yang datang dan tertarik, akhirnya dibangun, ini (Kampoeng Rawa) berdiri di tanah bengkok, karena ada masalah status lahan biar tetap jalan dikelola lagi oleh desa”

Selama masa pandemi ini pula BUMDes Estu Mukti mempunyai pemasukan hingga 300 juta dengan berbagai unit usaha seperti pengelolaan sampah dan unit toko. DPRD Jawa Barat mengapresiasi pencapaian BUMDes Estu Mukti karena selama masa pandemi masih bisa mempunyai pemasukan yang fantastis.

“Ini patut diapresiasi karena meskipun kondisi covid begini masih bisa mendapat pemasukan hingga 1/3 Dana Desa” ungkap salah satu anggota DPRD Jawa Barat.

Saat ini BUMDes Estu Mukti masih bekerjasama dengan pihak ketiga terkait pengelolaan Kampoeng Rawa, serta bekerjasama dengan pengepul terkait pengelolaan sampah. Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat juga berpesan terkait kerjasama yang dilakukan BUMDes Estu Mukti agar lebih jelas kejelasan dan terjaga legalitasnya.

“Harap diperhatikan bagian kerjasamanya dengan pihak ketiganya, terkait bagi hasil dan sebagainya”

Kegiatan berisi sesi tanya jawab dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Komisi I DPRD Jawa Barat ke Kepala Desa Bejalen.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *