Laporan Tahunan Sebagai Bukti Kinerja BUMDes

BUMDes merupakan lembaga yang dikelola oleh masyarakat desa dibawah pengawasan Pemerintah Desa, sebagai salah badan usaha untuk meningkatkan perekonomian desa dan mengelola potensi desa. Sebagai bukti pertanggunjawaban kinerja, BUMDes rutin melaporkan kegiatan tahun anggaran mereka dalam bentuk Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Tahunan yang disahkan melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang penyusunan pelaporan tahunan ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang mengadakan acara dengan tajuk “Bimbingan Teknis Tata Cara dan Penyusunan Pelaporan Tahunan Badan Usaha Milik Desa Tahun 2021”. Acara ini berisi bimbingan teknis berupa penyusunan laporan tahunan BUMDes, yang dipandu oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) Oentoeng Sukasno MM.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 10–11 November 2021 di Aula Dispermasdes Kabupaten Semarang ini berlangsung dengan antusias. Peserta pembimbingan teknis ini merupakan para direktur atau pengelola BUMDes yang belum atau tidak melakukan pelaporan LPJ tahun 2021.

Pada dasarnya LPJ tahunan BUMDes mencakup laporan kinerja pengelola selama satu periode, kinerja unit usaha yang meliputi realisasi kegiatan dan potensi pengembangan lainnya, serta kinerja keuangan seperti laporan perkembangan modal dan pembagian laba bersih. Pada pelatihan pelaporan tahunan ini lebih berfokus pada penyusunan laporan keuangan. Diketahui sebelumnya isu yang menjadi penghalang dalam penyusunan LPJ tahunan ini lebih banyak pada aspek laporan keuangan.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *