Temu Mitra BUMDes se Kabupaten Semarang Tahap Kesatu

Guna mengembangkan dan memperluas jaringan kemitraan, Paguyuban Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Semarang yang didukung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Temu Mitra Bisnis Forum BUMDes Kabupaten Semarang 2021. Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis (16/09/2021) bertempat di Aula Rumah Makan Cikal Gading Tuntang. Kegiatan dihadiri 25 BUMDes perwakilan dari BUMDes se Kabupaten Semarang, dan menghadirkan mitra-mitra bisnis dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pertamina, PDAM Kabupaten Semarang dan Dinas Pertanian Kabupaten Semarang.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan upaya untuk memperluas kemitraan dengan badan usaha maupun perusahaan swasta lain. Di samping itu juga agar terjalin koordinasi yang berkelanjutan dan menjaring peluang kemitraan baru.

Sebagai salah satu narasumber, Kepala Dispermasdes Kabupaten Semarang Heru Purwantoro, S.Sos, MM mengatakan pentingya pengurus BUMDes untuk menerapkan prinsip AKIK. Prinsip AKIK yang dimaksud adalah bahwa pengurus BUMDes mesti Aktif, ber-Kualitas, Inovatif dan Komunikatif.

“Silahkan (pengurus) BUMDes mencari potensi ekonomi desa dan mintakan uang dari dana desa. Bila sudah jelas jenis unit usahanya, akuntabilitas harus baik, siapkan neracanya dan bukukan administrasinya. BUMDes mesti pakai AKIK, kalo mau maju BUMDesnya dan bawa untung ke desa.” kata Kepala Dispermasdes.

Forum kemitraan ini juga berisi pemaparan dari Bank BRI terkait pinjaman lunak yang bisa diajukan oleh pihak BUMDes. Dari pihak Pertamina juga hadir memaparkan tentang pendirian Pertashop. Sementara untuk PDAM dan Dinas Pertanian hadir untuk menjelaskan rantai distribusi produk air minum dan pupuk. Kegiatan diakhiri dengan pendampingan pendaftaran Badan Hukum BUMDes oleh Tenaga Ahli Kementerian.

Kegiatan yang berlangsung lancar dan diikuti dengan protokol kesehatan yang baik ini kedepannya akan dilanjutkan dengan rakor dan temu mitra bisnis tahap 2, dengan menghadirkan mitra-mitra bisnis lain dan juga diikuti oleh perwakilan BUMDes lainnya.

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *