Pelatihan BUMDes Menyongsong Era Digitalisasi Desa

Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BBPPMDDTT) Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dipermasdes) Kabupaten Semarang mengadakan kegiatan bertajuk Pelatihan Pengelolaan BUM Desa Angkatan 8 Tahun 2021. Sebanyak 40 orang peserta dari 17 BUMDes terpilih se-Kabupaten Semarang hadir dan mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan berbasis blended learning tersebut dimulai dari tanggal 5-6 April 2021 via aplikasi zoom (online) dan dilanjutkan secara tatap muka (offline) di Gedung Wanita /Gedung PKK Komplek Rumah Dinas Bupati Semarang pada 8-9 April 2021. Acara berlangsung secara tertib sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, dengan sebelumnya telah melakukan swab test dan memakai masker

Pelatihan sesi online berisi mengenai segala hal tentang managemen BUMDes, dimulai dari kajian aset dan potensi desa, strategi pemilihan jenis usaha, permodelan bisnis, perencanaan usaha, pengelolaan produksi hingga pemasaran.

Sedang pada sesi offline, pelatihan lebih menekankan pada tata cara pemanfaatan e-Commerce, serta teknis membangun jaringan usaha dan motivasi untuk menjadi pengusaha yang gigih. Hal itu sejalan dengan kondisi saat ini, perlu adanya adaptasi teknologi bagi para pengurus BUMDes dikarenakan digitalisasi juga sudah merambah hingga pelosok desa-desa. Dalam sesi pelatihan lainnya, para peserta juga diajarkan bagaimana melakukan pembukuan dan pencatatan keuangan.

Output dari kegiatan pelatihan BUMDes ini diharapkan mampu memberikan kemajuan di desa melalui peran alumni pelatihan. Yang mana mereka dapat bersinergi dengan berbagai unsur yang ada di desa masing-masing.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *