Kader Pembangunan Manusia (KPM) Sebagai Ujung Tombak Pengisian Data Stunting di Kabupaten Semarang

Peserta dari Kader Pembangunan Manusia (KPM) terpantau antusias mengikuti acara penutupan pelatihan pengisian data stunting di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Bidang Lembaga Kemasyarakatan dan Ekonomi Desa, Dispermasdes Kabupaten Semarang. Pelaksanaan secara bertahap mulai pertengahan Maret 2021 sampai awal April 2021. Kegiatan diikuti oleh KPM dari 208 desa se-Kabupaten Semarang yang terbagi dalam 5 kali penyelenggaraan. Pemateri kegiatan yakni dari pihak Tenaga Ahli (TA) Pelayanan Sosial Dasar, Indah Susanawati, S.Psi.

Agenda pelatihan diawali dengan review aplikasi EHDW (e-Human Development Worker) suatu aplikasi pengisian data stunting dan evaluasi progres pengisian aplikasi EHDW yang dilihat dari dasboard Kabupaten, dilanjutkan dengan pelatihan pengisian laporan scorecard konvergensi stunting desa tahun 2020. Laporan scorecard ini yang nantinya akan dilaporkan oleh pemerintah desa sebagai salah satu syarat pencairan Dana Desa (DD) tahap 3 TA. 2021 yang paling cepat diajukan pada bulan Juni 2021. Review aplikasi EHDW bertujuan agar KPM mengingat kembali menu-menu dan cara pengisian di aplikasi EHDW karena mengingat banyak KPM yang ganti personil. Sedangkan evaluasi progress pengisian EHDW bertujuan agar KPM mengertahui sejauh mana progress yang telah dicapai dilihat dari dashboard kabupaten dan mencari solusi serta kendala yang terjadi dalam pengisian EHDW.

Melalui aplikasi EHDW, anggota KPM dapat melihat konvergensi pencegahan program stunting skala dusun dan desa, mengetahui kesenjangan pelayanan yang ada dan dapat mengadvokasi stakeholder desa terkait program penurunan stunting masyarakat desa. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan penyaluran dana desa dapat tepat sasaran untuk mengatasi kasus stunting di dusun dan desa se-Kabupaten Semarang.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *