Satgas Jogo Tonggo Kunci Keberhasilan Penekanan Penyebaran COVID 19 Kabupaten Semarang

Desa Bancak, merupakan satu dari sembilan desa di Wilayah Kecamatan Bancak yang Pemerintah Desa dan elemen masyarakatnya sangat kompak dan memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap masalah kesehatan. Terlebih dalam penanganan Covid-19. Sejak dibentuknya Satgas Jogo Tonggo sebagai tindak lanjut Surat Edaran Bupati Semarang Nomor : 360/012390 Tanggal 28 April 2020 tentang Pemberdayaan Masyarakat dalam Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Pembentukan Satgas Jogo Tonggo di Kab. Semarang, masyarakat yang tergabung dalam satgas, bersinergi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Bancak melaksanakan berbagai kegiatan antara lain :

  • Melakukan penyemprotan di semua fasilitas umum seperti masjid, sekolah, balai desa, pos kamling,
  • Memberikan edukasi tentang pencegahan Covid-19 kepada seluruh warga dengan cara woro woro keliling kampung .
  • Menggalang swadaya masyarakat untuk membantu warga terdampak Covid-19.
  • Melakukan pendataan warga yang berhak memperoleh bantuan.
  • Menyalurkan dan membagikan perlengkapan kesehatan bantuan dari Pemerintah Desa dari APBDes terkait Penanganan Covid-19 (Vitamin C, Masker, sabun cuci tangan, hendsanitizer, ember cuci tangan dan alat pelindung diri untuk mengantisipasi pemakaman korban Covid-19
  • Melakukan koordinasi rutin membahas pencegahan dan penanganan Covid-19.
  • Melakukan operasi wajib masker seminggu dua kali kepada warga yang lewat atau berada di ruang public

Dengan kegiatan tersebut, terbukti efektif mencegah penyebaran Covid 19, terbukti di desa Bancak tidak ada satu pun kasus positif covid-19 sampai dengan saat ini. Berikut adalah dokumentasi kegiatan Satgas Jogo Tonggo Desa Bancak Kecamatan Bancak (Dilaporkan oleh Harmini, SE.MM/Kasi Kelembagaan Pemerintahan Desa Dispermasdes Kabupaten Semarang).

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *